Green Canyon – Surga Kecil di Selatan Jawa

Ternyata untuk mencapai surga yang diceritakan banyak orang, sudah nggak jaman lagi untuk keluar uang banyak. Ada surga kecil di Selatan Jawa yang akan membawa kita dalam lamunan kecil tentang keindahan. Surga kecil itu bernama Green Canyon.

Eksotisme Green Canyon

Eksotisme Green Canyon

Perjalanan kali ini sungguh istimewa karena  berangkat dari Semarang dengan menggunakan mobil yang memakan waktu tempuh semaleman penuh. Terletak di selatan pulau Jawa yang dekat sekali dengan Kabupaten Banjar serta terletak di daerah yang sudah terkenal pantai legendarisnya, Kabupaten Pangandaran. Dari pantai  Pangandaran, lokasi wisata Green Canyon dapat ditempuh setengah jam saja. Kami , berlima, tiba di Green Canyon sekitar jam 10 pagi yang merupakan waktu ideal untuk memulai body-rafting.

Beberapa hal yang perlu diketahui dari tempat basecamp Body Rafting terletak di seberang dermaga Green Canyon. Dermaga Green Canyon melayani keliling Green Canyon menggunakan kapal tapi dengan jarak yang relative lebih pendek. Kami memakai jasa Baraja Adventure yang memang sudah well-known untuk Body Rafting. Karena masih terasa jet-lag perjalanan, maka kami pun mengambil istirahat setengah jam untuk memulai persiapan Body Rafting.

Berlima jelajahi Green Canyon

Berlima jelajahi Green Canyon

Dalam bahasa Sunda, Green Canyon disebut juga Cukang Taneuh yang artinya Cukang adalah Tebing sementara Taneuh adalah Tanah. Ngarai ini terbentuk akibat dari erosi tanah aliran Sungai Cijulang selama jutaan tahun yang menembus gua dengan stalaktit dan stalakmit yang diapit oleh bukit dengan bebatuan dan hijaunya pepohonan sehingga membentuk keindahan Surga Kecil disini.

Tahun 1993, Green Canyon dipopulerkan oleh seorang Perancis dengan mengambil pelesetan Grand Canyon yang berada di Amerika Serikat. Green Canyon sebenarnya pula adalah Sungai Cijulang yang membelah bukit dan menembus gua dan menembus bebatuan. Karena air sungainya berwarna hijau tosca, mungkin disinilah berasal dari Green Canyon.

Untuk memulai Body Rafting, kami harus mengendari mobil pick-up selama setengah jam untuk sampai di titik start Body Rafting. Perlengkapan yang diberikan selama Body Rafting adalah helm, life-jacket beserta sepatu karet untuk mencegah kaki lecet berbenturan dengan batu.

Welcome to Green Canyon!

Welcome to Green Canyon!

Sayangnya kami datang kesini pada saat musim kemarau sehingga airnya lebih dangkal 1 meter namun sisi bagusnya air menjadi lebih jernih sementara kalau kamu dateng pada saat musim hujan maka airnya akan menjadi lebih hijau karena dibawah air terdapat banyak lumut dan bagusnya arusnya lebih kencang sehingga gak banyak berenang untuk sampai pada titik akhir perjalanan.

Kamu mesti coba Cliff Jumping nih, Adrenalinmu harus dicoba buat ini!

Salah satu keseruan yang bisa didapat selama disini, selain Body Rafting, tentunya adalah Cliff Jumping. Akan ada banyak titik untuk Cliff Jumping, yang tertinggi  adalah 8 meter dimana membutuhkan nyali yang tinggi untuk loncat. Batu Payung merupakan titik loncatan terakhir yang bisa digunakan peserta sebagai ajang penutup Cliff Jumping. Total ada sebanyak 3 spot yang bisa digunakan untuk Cliff Jumping dengan tinggi minimal 6 meter.

The tallest 8 meter!

The tallest 8 meter!

Cliff Jumping!

Cliff Jumping!

Kalo yang ini sih jumping 2 meter

Kalo yang ini sih jumping 2 meter

Perjalanan body rafting memakan waktu kurang lebih sekitar 6 jam dimana kami harus berenang dari awal sampai dengan titik akhir. Untuk perahu sendiri tidak bisa melewati sungai karena banyaknya bebatuan yang harus dilewati.

Titik start kami dimulai Cliff Jumping setinggi 1 meter dan bagi teman-teman yang nggak bisa berenang, jangan kawatir karena selama life jacket terpasang dengan baik maka akan mengapung dengan sendirinya. Life Jacket ini juga berfungsi melindungi badan kita dari gesekan dengan bebatuan di sungai.

Sepanjang perjalanan dalam body rafting, pemandangannya luar biasa keren. Selain tempatnya yang masih alami, arsitektur tempatnya yang masih hijau dengan kombinasi tanah membuat mata segar memandang dan yang pasti akan membuat betah kami disana.

Keseruan Green Canyon

Keseruan Green Canyon

Di tengah perjalanan, kami menemukan Goa yang berisi ratusan kelelawar di dalamnya dan baunya dari luar sungguh menyengat. Masyarakat disini menggunakan kotoran kelelawar sebagai bahan pupuk dari perkebunan mereka.Nah di depan goa itu lah, kami ditantang nyali untuk melaksanakan cliff jumping pertama setinggi 6 meter. Teman-teman harus pas untuk posisi jatuhnya karena di samping kiri dan kanan ada bebatuan dalam air yang siap mengintai. Tapi seriously it was fun dan adrenaline banget ketika lompat.

Selain itu ada tempat checkpoint untuk peserta melaksanakan istirahat. Sebenarnya tempat checkpoint tersebut adalah warung yang menjajakan popmie maupun gorengan. Sesampainya ditempat itu kami langsung pesan gorengan 20 biji dan popmie untuk mengisi makan siang. Sayang pas berada disini, kami belum sempat mengabadikan warung tersebut, baterai kamera mirrorless keburu habis soalnya. huhuhu

Eniwei selain bisa cliff jumping, keseruan yang gak kalah adalah nyobain maen body rafting mengikuti arus. Kalau biasanya kita main tubing memakai ban, nah karena kami nggak memakai ban makanya pas nyobain ada aliran arus yang deres kerasa banget keseruannya. Gak kehitung berapa kali kami tenggelam karena sungainya sendiri dalem juga dan setelahnya badan kami pegal pegal semua karena gak karuan berapa kali kami harus bertahan dalam dalemnya air.

Body Rafting begin!

Body Rafting begin!

Seru Body Rafting

Seru Body Rafting

Mau tau berapa biaya yang kami habiskan untuk main disana? jangan kaget yah ternyata untuk berlima kami menghabiskan 1,1 juta dimana udah termasuk makan nasi sama lauk sekali setelah body rafting selesai. See? ternyata untuk ketemu Surga Kecil seperti ini emang gak butuh biaya mahal kan? Nah tunggu apalagi, ayo buru kemas ranselmu dan segera kita jelajahi Indonesia ya!

Jalan Jalan Group

Jalan Jalan Group

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s