11 Pengalaman Dahsyat Yang Bisa Kamu Dapatkan Selama Menjalani Umroh

Labbaika Allahumma labbaika.
Labbaika la syarika laka labbaika.
Innal hamda wanni’mata laka wal mulka.
laa syarika laka.

Ya Allah, aku datang karena panggilanMu.
Tiada sekutu bagiMu.
Segala nikmat dan puji adalah kepunyaanMu dan kekuasaanMu.
Tiada sekutu bagiMu.

Berduyun-duyun jutaan umat manusia khususnya umat muslim sangat merindukan bisa datang ke Baitulloh (Rumah Alloh) di Masjidil Haram. Kata ustadz saya, memang benar-benar yang terpanggil yang akan bisa mengunjungi Tanah Suci. Bahkan mereka yang kaya semilyuner apapun kalau nama mereka tidak tercatat dalam catatan-Nya maka tidak akan terpanggil oleh-Nya ke Tanah Suci tetapi kalau meskipun pekerjaan dia hanya tukang becak kalau memang di-izinkan pasti akan berangkat dengan seizin-Nya dan akan diberikan jalan-Nya oleh Alloh SWT.

Pemandangan Suasana Kabah

Pemandangan Suasana Kabah

Sesampainya disana, perasaan bahagia, merinding, seneng, sedih bercampur aduk jadi satu dan pada akhirnya enggak tahu harus bilang apa karena saking-saking bahagianya bisa menginjakkan kaki ke Baitulloh. Menurut saya, bahkan kamu harus berusaha sekuat mungkin untuk bisa ke Baitulloh (dimulai dengan niat), dan seriously berapapun uang yang sudah kamu keluarkan gak akan sebanding dengan pengalaman yang didapat di Baitulloh. ini beneran lho

Nah saya akan share apasih pelajaran yang benar-benar bisa didapat seandainya teman-teman berencana ke Baitulloh.

1. Semua orang akan berlomba berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya setiap hari dan bahkan setiap jam

Suasana Masjid Nabawi

Suasana Masjid Nabawi


Liqo di Masjidil Haram

Liqo di Masjidil Haram

Di Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram, kamu akan menemukan setiap shaf di masjid tersebut akan ada orang banyak membaca-baca Al-Qur’an, memperbanyak dzikir bahkan ceramah agama akan kamu temukan tiap hari meskipun ceramahnya dalam bahasa Arab. Ada orang yang bahkan merelakan sehariannya hanya di masjid hanya untuk shalat, dzikir, baca Al-Quran,bahkan untuk tidur sekalipun di masjid.Jadi enggak heran kalau nantinya kamu kalau datang ke Masjid Nabawi akan terbawa suasana untuk ikut berlomba disini.

2. Baik di Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram, semua orang secepat mungkin untuk datang ke masjid lebih awal

Berjalan menuju masjid

Berjalan menuju masjid

Baik di Mekkah maupun di Madinah, sejam sebelum adzan orang-orang disana pasti sudah berjalan kaki menuju masjid. Mereka berlomba-lomba untuk dapet shaf paling depan. Mereka tau semakin shaf mereka di depan semakin banyak pahalanya, sebisa mungkin mereka merapatkan shaf-shaf shalatnya, bahkan kalau ada celah 15cm saja di antara shaf-shaf tersebut akan selalu ada orang baru yang mengisi celah tersebut.

3. Dengan shalat yang sedempet mungkin shaf-nya, dari situ kamu belajar kesabaran yang luar biasa

Sholat Berdempetan Shaf-nya

Sholat Berdempetan Shaf-nya

Ya, kamu wajib jangan marah dan jangan kesel kalau tiba-tiba tempat berdiri shalat kamu disesaki orang baru datang untuk mengambil sebagian jatah tempat shalat kamu. Meskipun kamu jadinya gak nyaman, tapi disitulah kamu belajar kesabaran yang luar biasa untuk bisa tetep khusyuk shalat-nya. Seperti cerita sebelumnya, semua orang yang ada di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi pada berebut sebanyak-banyaknya pahala maka mereka pasti akan berjuang sekuat tenaga untuk dapet shaf paling depan karena memang shalat di kedua masjid ini paling mulia. Kalau mau santai, ya shalat di masjid deket rumah aja ya!

4. Sekitaran Masjid Nabawi, kamu akan serasa di rumah sendiri. Para pedagang disana pada lancar berbahasa Indonesia

Pasar di Sekitar Masjid Nabawi

Pasar di Sekitar Masjid Nabawi

Jangan heran, kalau disana memang berasa rumah sendiri. Para pedagang disana pada hafal berbahasa Indonesia dan ada bahkan yang sampai mengamati kondisi politik di negeri kita ini. Rumornya mereka sengaja pada belajar berbahasa Indonesia, karena hanya orang Indonesia yang demen belanja banyak disana. hahaha. Selain itu sih, jamaah haji paling banyak di tanah suci emang banyak berasal dari Indonesia. Tapi jangan lupa ya, menawar produk mereka menjadi keharusan, karena ada beberapa pedagang yang emang nakal naikin harganya secara keterlaluan.

5. Berziarahlah kamu di seputar Madinah maupun di Makkah, dengan demikian kamu akan mengerti sejarah perjuangan Islam di Tanah Suci.

Masjid Quba

Masjid Quba


Shalat di Masjid Quba

Shalat di Masjid Quba

Meskipun waktu kamu pasti akan habis hanya untuk ibadah di kedua Masjid tersebut, jangan lupa untuk ber-ziarah ke tempat tempat lain selain Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram. Sebagai contoh di Madinah, ada Masjid Quba, Masjid ini adalah masjid tertua di dunia yang salah satunya dibangun pertama kali oleh Rosululloh SAW ketika pertama kali hijrah ke Madinah. Nah shalat sunnah 2 rakaat disini, itu pahalanya setara dengan 1 kali umroh. Kebayangkan kalau kamu shalat sunnah disini 8 rakaat, berapa kali pahala setara umroh-nya?

Kalau di Mekkah kamu juga bisa mengunjungi padang Arafah, dimana tempat tersebut merupakan wukuf para jamaah haji yang begitu luasnya. Dari sini kamu juga wajib tahu, ternyata berhaji wajib melewati di Arafah, kalau nggak melewati arafah otomatis batal hajinya. Karena rukun haji yang nggak bisa diganti dengan dam, hanya wukuf di padang Arafah.

6. Roudhoh adalah tempat yang istimewa, semua orang berebut berdesakan ingin shalat disana, kamupun harusnya juga begitu menyempatkan shalat disana.

Shalat di Roudhoh

Shalat di Roudhoh

Roudhoh adalah tempat yang istimewa, kenapa bisa dibilang begitu? Rosululloh menyebutkan diantara tempatnya dengan mimbar tempat beliau berkhotbah adalah Taman Surga karena sepanjang perjalanan menuju mimbarnya itulah tak pernah berhenti Rosululloh mengucapkan dzikir. Makanya semua orang sangat ingin shalat disana meskipun pada akhirnya berdesakan sekali karena memang tempatnya hanya 144m² saja!. Oleh karena itu meskipun berdesakan sangat tidak disarakan kamu ikut-ikutan dorong mendorong atau bahkan bertindak kasar hanya untuk shalat disana.

Makam Rosululloh SAW

Makam Rosululloh SAW

Oh iya sempatkan pula untuk menyapa makam Nabi Muhammad SAW, beserta dua sahabat beliau yaitu Khalifah Abu Bakr beserta Umar bin Khattab yang ada berada dalam satu tempat setelah keluar dari Roudhoh tetap ingat, tidak boleh berdoa disini lebih-lebih doanya menghadap makam nabi karena dikhawatirkan menjadi syirik adanya. Oleh petugas disana, siapapun yang ketahuan berdoa disana, pasti akan diusir makanya cukup melihat saja makam Rosululloh SAW.

7. Jabal Rahmah adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi kalau sedang umrah maupun berhaji.

Pemandangan Jabal Rahmah

Pemandangan Jabal Rahmah


Tugu Jabal Rahmah

Tugu Jabal Rahmah

Salah satu alasan kenapa Jabal Rahmah wajib dikunjungi adalah salah satu tempat dimana doa-doa dijabahi oleh Alloh SWT. Salah satu yang dipercaya di tempat ini adalah kemantapan jodoh atau permohonan jodoh bisa dijabahi disini. Di tempat ini dipercaya sebagai tempat bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa. Dahulu Nabi Adam dan Siti Hawa ketika diturunkan dari Surga, mereka diturunkan secara terpisah di muka bumi ini. Konon pada tugu Jabal Rahmah dipercaya sebagai tempat bertemunya mereka berdua.

Karena kasih sayang diantara mereka berdua-lah makanya dinamakan Rahmah yang artinya Kasih Sayang. Oleh karena itu dinamakanlah Jabal (Bukit) Rahmah. Oiya, kata ustadz yang mendampingi kami kemarin, jangan lupa kalau disini berdoalah supaya pada tanggal 9 Dzulhijjah bisa berhaji disini. Konon doa ini paling ampuh yang bisa dipercaya bisa dikabulkan karena dekat sekali dengan Padang Arafah.

8. Disana kamu akan mengerti betapa para manusia rela meninggalkan hal duniawi-nya hanya untuk panggilan shalat 5 waktu.

Sholat Berjamaah di Corniche Market

Sholat Berjamaah di Corniche Market

Di Corniche Commercial Center, Jeddah, Saya terkesan sekali dengan para penduduk Tanah Suci. Ketika adzan hampir berkumandang tiba, orang-orang langsung menutup dagangannya, saya kira pasarnya mau tutup. Ternyata enggak, mereka semua rela pergi meninggalkan hal duniawinya hanya untuk melaksanakan shalat fardhu dan mereka melaksanakan shalat berjamaah di jalanan di pasar sana. Disana kamu akan mengerti bahwa hal-hal ibadah ternyata enggak menggangu mereka dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari.

9. Saat berada pertama kali melihat Ka’bah, kamu jangan heran kalau tiba-tiba lidahmu kelu mau ngomong apa dan tiba-tiba tertunduk terdiam seribu bahasa.

Saat menjalani umroh yang pertama, begitu melihat Ka’bah saya langsung gemeteran, bingung, senang, sedih dan langsung lidah saya kelu nggak bisa ngomong apa. Perasaan pertama kali yang saya tangkap ketika melihat Ka’bah :

Pemandangan Ka'bah

Pemandangan Ka’bah


Suasana Ka'bah

Suasana Ka’bah

Subhanalloh, ini kah bangunan yang selama ini saya sembah?

Enggak ada perasaan yang bisa menggantikan, rasanya saya ini begitu kecil dihadapan-Nya dan perasaan kufur nikmat ternyata harus dibuang jauh-jauh begitu disana. Bagaimana enggak, semua orang yang melaksanakan tawaf menyebut kata-kata Alloh ( Subhnalloh, Alhamdulillah, Allohu Akbar, La illaha ilalloh, Astaghfirulloh ), dan kata tersebut tak pernah berhenti diucapkan selama 24 jam 7 hari disana karena saking banyaknya orang yang ingin dan ingin sekali semakin dekat dengan Ka’bah.

10. Berdoalah di Al-Multazam , Hajr Aswad dan Hijr Ismail, niscaya doamu langsung akan didengar langsung oleh Alloh.

Berdoa di Multazam

Berdoa di Multazam

Al-Multazam merupakan tempat diantara Hajr Aswad dengan Pintu Ka’bah. Tempat tersebut niscaya merupakan tempat dimana doa-nya paling dijabahi di Bumi ini. Konon katanya kalau sambil menempelkan dada, kemudian doa sambil menangis disana, doamu langsung terkabulkan oleh Alloh SWT. Di tempat ini segala kebimbanganmu, keluhanmu, keinginanmu yang belum tercapai, akan langsung sirna. Ketidakpastian akan masa depan, dengan memanjatkan doa serta berbicara langsung di rumah-Nya akan membuatmu percaya bahwa disana akan selalu disediakan jalan keluar yang lebih baik oleh Alloh SWT.

Sayapun juga merasakan hal yang sama ketika berada disana,berdoa dan menangis tentang semua permasalahan namun seolah-olah Alloh hanya membisikkan,

Percayakan saja pada-Ku, niatkan saja dirimu, Aku yang akan membereskan semuanya.

Setelah itu ketenangan batin dan hati yang didapat, saya merasa bahwa saya sudah menitipkan semuanya kepada Alloh dan mempercayakan jalan keluar nya juga sama Alloh. Sejak saat itu, saya makin yakin bahwa tangan-tangan Alloh yang akan membantu memudahkan semua urusan hamba-Nya.

11. Sepulang dari Tanah Suci, kamu akan mendapatkan dirimu berbeda yang dahulu, kamu pun merasa lebih optimis dan tenang menjalani semuanya.

Perjalananmu kesana pasti akan membuka spiritual-mu bahwa ternyata perlombaan meraih kebaikan antara kamu dengan mereka yang berada di Tanah Suci masih kalah jauh. Hal itu yang akan menjadi motivasi kamu untuk jadi lebih, lebih dan lebih baik lagi.Selain itu kamu juga akan semakin sadar, kalau kamu memang merasa kecil adanya hanya berada di depan Ka’bah dan bayangkan kalau itu di depan Alloh SWT.

Sesudahnya kamu pulang ke tanah air, kamu akan jadi lebih baik, lebih bijaksana, lebih banyak bersabar, dan lebih melihat persoalan dari sisi yang lebih luas. Kamupun pasti meyakini buat apa marah-marahan gak jelas sampai tegang otot di leher kalau kamu saja udah pernah merasakan bagaimana tegangnya kamu shalat dengan shaf sangat berdempetan sekali?

Tawaf Wada Terakhir di Ka'bah

Tawaf Wada Terakhir di Ka’bah

Selagi kamu masih muda, jangan sampai kamu menyesal tidak meniatkan diri untuk berkunjung ke Baitulloh karena pengalaman ini memang tidak bisa diganti dengan uang berapapun yang kamu punya, makanya enggak heran ketika mereka yang sudah menjalankan Tawaf Wada (Tawaf Penutup), mereka seolah gak rela pulang ke Tanah Air dan ingin berlama-lama di Baitulloh.

Jadi seriously, kamu yang sudah punya uang dan tenaga berlebih, masih mau nggak nyempetin kesana?

Muka Muka Bahagia!

Muka Muka Bahagia!

Advertisements

2 responses to “11 Pengalaman Dahsyat Yang Bisa Kamu Dapatkan Selama Menjalani Umroh

  1. Pingback: Madinah yang penuh kedamaian | Kegilaan, Kenangan dan Kerja Keras!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s