[Kerja] Sesi Curhat!

Postingan kali ini menggunakan banyak kata lo-gue dan lo-gue jadi mohon maaf ya ala surabaya saya sekarang akan hilang sesaat pada postingan kali ini.

Eniwei tahun ini akan menjadi tahun yang berat rupanya bagi seksi kami. Tahun ini semua proses pekerjaan yang manual-manual akan dijadikan satu sistem aplikasi yang terintegrasi. Semua permintaan bagian mulai masuk diproses untuk di-IT-kan, istilahnya jadi satu sistem yang bisa mengukur kinerja pegawai.

Gue setuju dengan ide-ide manajemen dengan perubahan sistem ini. Buat gue, suatu proses yang membikin effort lebih lama dan memakan waktu itu sama aja dengan wasting time artinya pegawai jadi nggak punya ruang untuk pengembangan diri karena terlalu disibukkan dengan proses-proses yang masih manual. Terus terang gue sendiri secara pribadi membenci hal-hal yang sama dilakukan secara berulang tiap hari lagi. Gimana nggak mampus coba kalo kayak gitu, bakalan mati garing dan gue jamin otak-otak pegawai akan hanya muter dari titik A ke titik B. Cukup

Gue udah ajuin dari semester lalu bagaimana satu proses harus dimigrasikan ke dalam sistem sayangnya waktu itu manajemen belum mendukung sepenuhnya dengan rencana gue. Oke gue nggak masalah tapi setidaknya dalam satu sub-bagian kecil yang ada dalam pekerjaan saya, harus berbasis IT dan anyhow supervisor saya setuju. Inilah yang gue sebut dengan kendala dalam bidang IT. Satu aplikasi kalo nggak ada dukungan dari atasan, nggak bakalan roll-out meski aplikasi yang lo semua bikin itu bikin lo gulung-gulung dari sabang sampek merauke.

Ini serius, gue pernah propose beberapa proses yang seharusnya dijadikan, sayang asisten manajer yang lama gue nggak support dan sepertinya kurang memberikan attention dan hanya beberapa yang diapprove dan itupun yang kecil-kecil. Anyhow gue juga nggak kecil hati dan waktu itu gue ajuin satu sistem yang bisa mengukur kinerja gangguan yang ditangani, berapa waktu perbaikan ticket, eskalasi ticket dan semacamnya. Gue ajuin ke supervisor gue dengan alasan yang berdasar dan tepat sasaran dan akhirnya setuju. Voila!

Sekarang, asisten manajer gue baru seminggu jalan. Beliau mendukung penuh untuk sosialisasi sistem ini. Gue dan supervisor gue seneng. Ini yang akhirnya gue tunggu-tunggu untuk dapet dukungan seperti ini. Gue cuma pengin suatu saat ketika gue pergi dari unit ini atau PLN, gue bisa meninggalkan sesuatu yang manfaat bagi orang banyak. Jangan sampek ketika gue pergi, gue dikenang sebagai orang yang biasa-biasa aja. Enggak, hidup itu harus bermanfaat bagi semua orang, meski peran itu kecil tapi seenggak2nya jangan jadi orang yang biasa lah ya.

Kalo bisa jadi orang yang hebat, kenapa jadi yang biasa. Buat gue, sesuatu yang menghalangi tujuan/impian itu cuma diri sendiri yaitu kesungguhanmu.

Advertisements

2 responses to “[Kerja] Sesi Curhat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s