[Kerja] Berbenah dan Kepercayaan

Sementara saat menulis tulisan ini, saya dilanda sakit perut selama 5 hari berturut-turut. Entah saya salah makan atau mungkin tanda-tanda akan sakit, berulang kali saya harus mengunjungi kamar kecil dan bahkan hari jumat saya mencetak rekor dengan keluar masuk sebanyak 6 kali. Ini adalah diare terparah yang saya alami, biasanya hanya berlangsung satu atau dua hari langsung sembuh. Saya memutuskan untuk pulang ke rumah Surabaya dan mengambil cuti 1 hari di hari senin. Saya merasa inilah waktu yang tepat bagi saya untuk memulihkan jiwa dan badan saya. Saya enggak mau pekerjaan mengendalikan saya, justru sebaliknya saya lah yang menentukan dan mengendalikannya.

Sisi baiknya dari sakit diare ini, kemarin kamis saya berada di Yogyakarta untuk membicarakan mengenai Migrasi Sistem SCADA bersama-sama dengan rekan-rekan Area Yogyakarta. Saya kagum dengan manajer Area Yogyakarta, Bapak Subuh Isnandi, beliau ini kelihatan sekali dari matanya sangat ambisius dan tipikal orang yang nggak mudah menyerah. Sangat berbeda dengan manajer-manajer area lainnya bahkan manajer senior sekalipun yang ada di Kantor Wilayah. Sorot mata seseorang yang sangat ambisius dan auranya kepemimpinannya sangat terlihat sekali. Pak Subuh mirip terlihat seperti Pak Dahlan Iskan, santai tapi terlihat serius dan penuh ambisi.

Rapat kemarin membahas tentang rencana pemindahan operasi jaringan 20 kV mutlak ke tangan kantor unit saya, APD Semarang. Buat saya ini adalah terobosan baru dengan memotong jalur waktu segementasi pemulihan gangguan. Sebelumnya untuk memulihkan jaringan, petugas yantek menghubungi petugas area, yang selanjutnya petugas area menghubungi petugas APD. Nantinya tidak ada lagi petugas area dan langsung petugas yantek menghubungi dengan petugas APD dengan petugas area hanya sebagai pengawas. Dengan model operasi seperti ini, maka area Yogyakarta mirip seperti area Bali yang sudah lama diagun-agungkan Kantor Pusat sebagai role model untuk sisi Distribusi. Area Yogyakarta pun demikian, dengan akhir 2015 mereka bermimpi mengalahkan Bali. Luar biasa bukan terobosoan dari Pak Subuh?

Kami dari APD diberikan kepercayaan penuh untuk mengurusi Keypoint 20 kV (LBS/Recloser) artinya mutlak mereka sudah tidak mengurusi tetek bengek per-SCADA-an di area mereka. Petugas area lebih akan sibuk mengurusi perkuatan jaringan dan trafo distribusi serta penambahan pelanggan baru. Ini adalah kepercayaan yang sangat mahal sekali buat APD. APD Semarang yang lahirnya belakangan di antara para APD lain mendapatkan kepercayaan mahal dan mutlak ini harus kita jaga sepenuhnya.

Selain itu juga dibahas mengenai pembangunan Server SCADA baru di Area Yogyakarta, dengan demikian akan terjadi pemisahan beberapa SCADA Gardu Induk dan Keypoint ke Area Yogyakarta. Hal ini bagus, mengingat beban server di Semarang sudah mendekati titik jenuh dan dikhawatirkan sering lagging meski sebenarnya itu terjadi sekali dalam setahun.

Kami sudah menunggu kesempatan ini, kesempatan untuk juga memperkuat sistem SCADA hingga menyamai dengan SCADA di Bali dan juga Jawa Timur yang baru membangun empat server secara redundant. Keoptimisan kami makin bertambah menyusul hadirnya bu Arsyadhany, eks Asman SCADA & Tel APD Bali,  sebagai Asman SCADA & Tel APD Jawa Tengah dan DIY. Semoga pengalaman-pengalaman beliau ini bisa ditularkan kepada rekan-rekan APD Jateng.

Saya optimis program di Area Yogyakarta ini akan berhasil dan bahkan tidak menutup kemungkinan area lain menyusul juga. 2 Area yang akan menyusul setelah melihat keberhasilan Yogyakarta adalah Area Surakarta dan Area Semarang. Dengan nantinya 3 Area yang menjadi lumbung pendapatan di Jateng dan DIY yang sudah diperkuat program jaringan distribusi, saya optimis Wilayah Distribusi Jawa Tengah DIY akan lebih maju bahkan bisa menantang langsung dengan Jawa Timur dan Jawa Barat dari sisi pendapatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s