[Story] Kebetulan?

Saya belum membuat resolusi apapun tahun ini dan belum jelas merencanakan apa target terbesar saya tahun ini. Ketika orang lain sudah membuat ini itu, saya malah santai belum melakukan pergerakan apapun untuk membuat pondasi target dari tahun ini. Bukan karena saya malas merencanakan, dari target yang tercapai tahun lalu hanya separuh kurang yang tercapai, ini jelas nggak baik. Target tahun lalu sudah kebanyakan terlalu jauh untuk dicapai, sepertinya nggak sesuai SWOT saya.

Good Resolution!

Tahun 2012,  saya akan merencanakan sedikit realistis dengan benar tentang apa kelebihan kekurangan saya. Bukan apa-apa, ini penting agar setiap target yang direncanakan itu tercapai. TERCAPAI. titik.  dan rasanya memang lebih puas ya kalau memang target itu tercapai dengan tangan sendiri, rasanya sesuatu banget. hahaha.

—, ganti topik

Eniwei, dalam minggu pertama tahun 2012 saya sudah mendapatkan 2 kejutan. Dalam seminggu pertama sudah ada 2 Surat Keputusan dari Manajer saya tentang pengangkatan saya menjadi anggota dalam 2 tim yang berbeda.

Pertama, SK tentang pengangkatan saya sebagai anggota tim Auditor Internal Pengadaan Barang dan Jasa. Setiap kantor unit di PLN berhak mengadakan pengadaan sendiri-sendiri sesuai dengan anggaran yang telah disediakan Kantor Induk, nah setelah pekerjaan selesai dan kontrak berakhir baru diadakan pemeriksaan apakah pekerjaan pengadaan barang dan jasa tersebut benar-benar sudah sesuai dengan kontrak atau tidak. Menurut saya ini jelas pekerjaan yang membutuhkan integritas yang tinggi. Menjadi auditor saya kira sudah umum ya dengan adanya suap dan gratifikasi, disinilah kejujuran sebagai pegawai memang diuji.

Being Auditor

Kedua, SK tentang pengangkatan saya sebagai anggota tim SHE ( Safety, Health and Environment ). PLN sedang gencar-gencarnya membangun manajemen K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), rencananya tahun depan , 2013, PLN akan mulai roll-out melaksanakan SHE secara total. Kalau aku bilang sebenarnya sudah terlambat karena PLN baru roll-out secara nasional karena perusahaan sebesar apapun kalau operasional harus mendapatkan sertifikat layak operasional dari tim SHE itu sendiri. Honestly, dan memang untuk SHE di perusahaan PLN ini memang rendah sekali kesadarannya. Coba temen-temen liat, apakah petugas yang naik di tiang listrik sudahkah pakai helm dan sabuk pengaman? jarang sekali kan? nah untuk itu, dari sini akan menggugah kesadaran temen-temen untuk lebih safety dalam bekerja. Sayang kan kalau nyawa dipertaruhkan karena kesadaran akan keselamatannya sendiri tidak diperhatikan?

Safety Health Environment

Kebetulan?

Ah saya yakin manajemen pasti memang sudah memilih orang yang tepat untuk bergabung dalam tim. Kalaupun dari sisi kompetensi memang belum mumpuni, saya percaya manajemen menaruh harapan bagi saya yang baru dalam bidang itu untuk belajar. Untuk mendapatkan kepercayaan itu nggak segampang membalik telapak tangan, nggak segampang ndapetin upil di hidung atau ketokin kuku yang panjang-panjang. Kepercayaan itu dibangun karena konsistensi hasil kinerja yang baik juga karena terus memperlihatkan kemauan untuk belajar hal yang baru.

Trust

Jadi apakah kepercayaan itu didapatkan dari kebetulan?

Jadi apakah semua yang ada di dunia ini kebetulan?

Saya jadi teringat salah satu pepatah yaitu kebetulan (Keberuntungan) didapatkan antara pertemuan yang seimbang antara kerja keras dengan memanfaatkan kesempatan yang ada. Setuju?

Have a nice nite all!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s