[Story] Harga dibalik setiap perjuangan. [3]

Semua belum lengkap, ada sesuatu yang kurang..

NusantaraView

Perkuliahan semester 7 dimulai. Everything goes fine. Semua berjalan baik. Pada masa itu semua rekan-rekan 2005 telah melepaskan gelarnya di Himpunan dan benar-benar kembali menjadi mahasiswa. Selesai memegang  himpunan, berarti tandanya sudah memasuki fasa akhir dari perkuliahan. Biasanya mahasiswa yang memasuki awal perkuliahan menjadi galau dan gundah gulana karena bukan kalau sibuk mencari topik Tugas Akhir.

Fasa ini rekan-rekan 2005 sibuk mencari paper yang kebanyakan terjeblosnya adalah bidang minat SPK padahal belum tentu itu menjadi minat dan bakat mereka. Saya masih ingat ketika perkuliahan semester 7 banyak sekali rekan-rekan yang melobi dosen untuk menjadi pembimbingnya. Di mading Jurusan juga tertempel promosi judul Tugas Akhir dan ada yang menghasilkan duit.

Saya, Taurisa Wijaya, Kiki Ahmadi, M Nur Taufix dan Muhammad Rohmatulloh juga termasuk gerombolan galau-ers yang kebingungan mencari topik tugas akhir. Ketika ditanya tugas akhir mu kira-kira ambil apa, setengah hati mereka menjawab kemungkinan ambil dari paper A, paper B atau paper C. Saya tau mereka semua termasuk pembenci angka, rumus atau algoritma yang bikin sakit peruk mendadak di malam hari.

Tatapan kami berbinar ketika Ibu Nur Aini Rahkmawati, menawarkan topik judul Tugas Akhir Nusantara View. Kami ber-5 tertarik dan datang ketika Bu Iin menjelaskan tentang NusantaraView, Mashup, WebService dan sebagainya yang membuat kami awalnya menjadi putus asa akan tetapi kami sepakat bahwa judul ini adalah yang paling terbaik daripada kami harus mencari paper atau melobi dosen bidang minat PPSI yang isinya kebanyakan bikin rekasaya perangkat lunak. So, kami sepakat membuat slogan baru untuk E-Business :

CODE FOR FUN

Slogan itu membuat kami percaya diri mendobrak bidang minat lain. Maklum sebelumnya bidang minat E-Business kurang begitu diminati setelah tahun sebelumnya 70% dari angkatan 2004 mengambil bidang minat SPK.  Bu Iin telah memberikan nafas baru bagi bidang minat ini. Dan setelah itu, laboratorium Tugas Akhir diresmikan. Semua bergabung jadi satu tempat di sebelah ruang RK.

Jangan tanya metode bagaimana kami mengerjakan Tugas Akhir. Seharusnya pagi hari adalah waktu yang fresh untuk mengerjakan tapi kami, membuka pagi hari dengan bermain PlayStation PES 2009. WTF ? Bikin onar dan gaduh dalam Laboratorium adalah pekerjaan kami sehari-sehari dan kalau bosan mengerjakan Tugas Akhir berpindahlah kami ke game Counter Strike. Porsi kami dihabiskan untuk bermain Game dan Game.

Semester 8 the Deadline

Seperti kehilangan induk ayam, kami mengerjakan Tugas Akhir tanpa tahu arah. Bu Iin sedang pergi ke Taiwan untuk mengurus wisudanya. Setelah Studi Ekskursi, kami sepakat bahwa kami harus mengakhiri jaman buruk dan nista ini. Akhir Januari kami mengadu ke Bu Iin yang baru saja pulang dari Taiwan dan disitulah akhirnya kami mendapat pencerahan tentang NusantaraView dan semua akhirnya mendapat porsi masing-masing pekerjaan sendiri.

Hari demi hari, minggu demi minggu,Bulan demi bulan kami lalui dengan waktu bersama. Seolah-olah kami adalah boysband baru dari Laboratorium E-Business. Kami semua bersatu dan berjibaku mengerjakan bersama NusantaraView dan kalaupun kami sudah tidak konsen ditutup dengan main Counter Strike bersama.

Tim NusantaraView

Hingga pada akhirnya Bu Iin mengajak kami pada lomba INAICTA 2009. Kami hanya mengiyakan permintaan dosen pembimbing kami. Dari kami berlima belum ada yang pernah mengikuti event perlombaan resmi berskala nasional. Bu Iin terus meyakinkan kami, dan pada akhirnya tim sepakat bahwa kami harus mencoba untuk ikut lomba tersebut.

Suatu hari, darimana datangnya dan entah siapa yang mendaftarkan kami. NusantaraView datang mendapatkan undangan sebagai salah satu produk kreatif di Pekan Produk Kreatif Indonesia yang diselenggarakan Kementrian Koordinator Kesejahteraan Rakyat dan kami harus berangkat mewakili NusantaraView dan menjadi penjaga stan disana. Oh iya event ini berlangsung di Jakarta Convention Center.

Stan NusantaraView

Kiki Ahmadi menjelaskan NV

Tim NusantaraView

Semenjak kepulangan kami, ber-5 kami makin bersemangat mengerjakan NusantaraView dan mengejar ketertinggalan apa-apa yang kurang menuju sidang Tugas Akhir sementara itu Bu Iin berangkat ke Jakarta mewakili kami dalam lomba INAICTA untuk mempresentasikan karyanya di depan juri INAICTA. Alhamdulillah karya kami lolos dalam 5 besar kategori dan terakhir kami membawa gelar Special Mention kategori Open Source.

Setelah itu, adik adik kami macam Hatta Bagus, Ardiaz Aji, Adhya Husni maupun Glend Maatita mengikuti jejak kami untuk ikut macam-macam lomba. Meski kami tidak membawa gelar juara, tapi setidaknya kami berhasil membangkitkan semangat adik-adik kami bahwa kami dari Sistem Informasi bisa untuk jadi juara dalam lomba. Semangat itulah yang terus mengalir saat ini.

Gelar semakin lengkap tatkala 5 dari kami lulus ujian Tugas Akhir dengan nilai A. Rasanya tidak ada gelar yang lebih lengkap dari ini kan?. Ber-5 kami juga lulus tepat waktu, keluar dengan Sistem Informasi dengan membawa prestasi yang luar biasa, mampu mendorong adik-adik kami yang ada dibawah untuk terus mengharumkan nama Sistem Informasi. Prestasi makin kinclong dengan kebanyakan rekan-rekan NV sudah berbekal banyak pengalaman project.

Itu semua karena kerja keras. Mengubah dari apa yang mustahil menjadi misi yang luar biasa.

Dan

Semua itu menjadi mungkin kalau bukan karena doa dari Ibu saya.

Ibu saya adalah motivasi, memberi semangat bagi saya dan cahaya dalam setiap kesulitan yang saya temui. Saya tahu Ibu saya bangun tiap pagi untuk shalat tahajud mendoakan anaknya agar sukses di kemudian hari. Alhamdulillah salah satu tanggung jawab saya sebagai anak sudah terpenuhi.

Saya dan Ibu

Ada harga di balik setiap kerja keras
Ada harga di balik setiap kemauan
Ada harga di balik setiap perjuangan
Semua itu tidak gratis..

Advertisements

10 responses to “[Story] Harga dibalik setiap perjuangan. [3]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s