[Hiking] Gunung Ungaran (Pendakian)

Udah lama nggak nulis jadi kangen untuk menulis-nulis lagi -> alesan klasik.

Eniwei, sebenernya banyak cerita yang mau gw share dimana-mana. Pertama sih cerita Makassar kemarin, Ungaran, Medan dan sebagai-bagainya, tapi yang pertama gw share yang ini dulu ya, waktu gw mau ke Ungaran bareng bocah-bocah kantor Area Pengatur Distribusi Semarang + ketambahan selundupan angkatan gw a.k.a Rifki Handika Haqi, anak ilang yang jarang pulang ke rumah, Hahaha.

Hiking ini awalnya dipanasin oleh Muhammad Khadafi. Orang ini awalnya sudah hiking di Gunung Merbabu dan photonya langsung disebar ke group imel kantor. Walhasil, kita yang muda-muda jadi terpanasi, dan imel dia sedikit berbau nyindir. Kalimatnya seperti gini.

“Kapan kita kemana? ayo Ungaran cuma 2000 mpdl. Merbabu 3000 mdpl. Pemula gunungnya”

Kalimat di atas ini yang justru bikin gw sama temen2 yang doyan jalan-jalan adventure jadi risau, gelinjang gak karuan karena seperti ditantang anak bayi baru lahir. Singkat cerita karena gw udah janji kalo ada perjalanan adventure hiking, gw akan ikut. And here’s my promise dan sama sekali gw belum ada pernah ada cerita hiking sampai ke puncak. Terakhir ke puncak gunung ya ke Gunung Bromo itu, dimana anak kecil sekelas gajah baru lahir pun bisa menjangkau. Hahaha. Akhirnya setelah koar-koar by mouth to mouth terkumpulah 10 orang pemberani, pembuka ekspedisi hiking pertama kantor APD Semarang.

Tim Hiking Gunung Ungaran

*Muhammad Khadafi ada di paling kiri, sementara Rifki Handika Haqi pake baju item*

Menuju ke Ungaran, kami naik mobil pickup kepunyaan kantor yang disopirin mas Toni. Satu backup pickup diisi oleh 10 orang. Voila! kami mirip seperti bakul sayur Bandungan pagi hari yang hobinya naik pickup angkut sayur dan buah-buahan.

Bakul sayur APD Semarang

Perjalanan dimulai dari Umbul Sidomukti, Gunung Ungaran. Dari Umbul Sidomukti nanti naik terus aja, sampai pada akhirnya ketemu pos pendakian pertama Gunung Ungaran. Sampai pada titik ini,ย  mobil pickup yang membawa tim penggembira pendakian Gunung Ungaran harus berhenti, enggak cukup soalnya. Jalan sempit khawatir nanti masuk jurang akhirnya kita masuk koran Memo maka diputuskan harus berjalan kaki dimulai dari pos ini. Sebelum kita naik untuk seterusnya, maka kita putuskan untuk poto-poto terlebih dahulu. Yang penting eksis dulu dong :p

Ungaran + Semarang dari pos pertama

Eksis dulu di pos pertama pendakian

Terus terang pada awalnya gw merasa berat ketika awal mendaki, karena ketika awal-awal pendakian sudah disuguhi kemiringan mendaki + baru saja makan dengan full tank + beban luar biasaย  di tas + tanpa pemanasan mengakibatkan kaki encok-encok luar biasa.ย  Hasilnya gw lebih sering di belakang sebagai juru kunci, tukang jaga kalo ada yang ketinggalan. *bahwa sebenernya, saya yang lebih sering ketinggalan*. Suasana pendakian mirip seperti Hutan Coban Rondo dimana banyak pohon pinus dan cemara ditambah kicauan burung menambah suasana syahdu pendakian.

Eniwei estimasi awal pendakian memakan waktu 4 jam, dimana kita start dari pos pertama sekitar pukul setengah 10. Sebenarnya mendaki pada jam segini ada kelebihannya dan kekurangannya. Kelebihannya, bisa melihat pemandangan Kabupatan Ungaran + Semarang dari jarak jauh, pemandangan hutan jadi sekaligus melihat alam. Tapi enggak enaknya mendaki pada siang hari adalah melawan panas, yang berarti bisa berakibat menguras energi lebih dan fatalnya, kulit bisa jadi lebih ITEM dan tampak tak terawat sehingga harga jual menjadi TURUN.

Barisan Penggembira Ungaran

Bagi yang tidak terbiasa mendaki gunung seperti aye, jadinya malah kebanyakan capek dan keseringan menguras botol air minum dan parahnya lebih menambah estimasi waktu perjalanan. Untungnya karena siang, jadi semua masih gampang kordinasi dan sama sekali gak kebayang kalo kita akhirnya berjalan pada malem hari. Aduh, tak nampak lah badan awak nanti dan cuma gigi aja yang terlihat malem hari. Beginilah para ekspedisi pemula yang kehabisan tenaga.

Penggembira kelelahan

By the way, bagian yang menyenangkan dalam pendakian ini adalah kita melewati kebun teh Ungaran. Sebenarnya kalau mau jalan pintas mendaki bisa dari kebun teh Ungaran, dimana mobil masih bisa masuk ke dalam lokasi ini. Cuman, karena kita sombong dan begaya sok-sokan jago hiking semua, kita mengambil jalan susah. Hahaha. Menuju kebun teh dari arah Umbul Sidomukti, treknya berkelok-kelok tanpa kemiringan sekalipun. Menguras tenaga karena waktu itu pas matahari sedang berada di puncaknya.

Di Kebun Teh Ungaran

Setelah kebun teh Ungaran, voila ini adalah medan yang paling bikin nangis setengah mati dengan hiking tingkat elevasi hampir 45 derajat, menembus hutan belantara melewati batang pohon yang melintang di tengah jalan. Sempat kami frustasi apa jalan yang kita lewati bener nggak sih. Kata mas Kurni, jalannya emang bener cuman karena jarang dilewati jadi melewati jalan neraka dengan perasaan takut karena tiba-tiba ada ular muncul senggol-senggol kaki.

Seperti hutan amazon

Perjalanan belum selesai, setelah menebas hutan-hutan yang nggak karuan jelasnya seperti baru babat alas, sesi kedua adalah menaiki gunung curam dengan berisi batu-batu. Kami harus hati-hati mengingat kalau salah langkah mengakibatkan keruntuhan batu yang lebih gede atau jatuh ke bawah mengulang perjalanan lagi. Oh God, cann’t imagine T.T . Bagian ini yang bener-bener menguras tenaga dan menghabiskan air minuman kami.

Sesi Penanjakan

Bersambung………

Credit Photo to : Deardo Simon Manalu

Advertisements

9 responses to “[Hiking] Gunung Ungaran (Pendakian)

  1. sip… Emang G. ungaran ketinggiannya di bawah 3000mdpl tpi yg paling menantang medannya yg trtenal ngebor kyk inul daratista hahahaha…
    Ane kurang lebih udah 11x muncak ini gunung..
    Nb: buat pemula jaga perilaku saat ada di pos kandang demit dan Barak dkt gua jepang…
    Salam Hijau…

  2. Pingback: [Hiking][Seven Summit] Gunung Lawu « Server Story about Me, World, You and Us

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s