7 tips dapatkan ide segar

diambil dari sini

Presentasi-ide

Pekerjaan masa kini menuntut Anda harus siap sedia melontarkan gagasan, solusi, atau strategi. Namun, tidak setiap saat inspirasi bersedia mengetuk pintu otak Anda. Ada masa-masa ketika kebuntuan, yang rasanya tidak akan berakhir, menyerang. Jangan bingung atau langsung memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan jika Anda tidak mampu menelurkan solusi. Berikut tujuh tips yang dapat Anda lakukan agar ide-ide segar menghampiri Anda.


Pergi jalan-jalan. Filsuf Jerman Friedrich Nietzsche menulis, ‘Semua ide besar didapat ketika berjalan’, dan penelitian menunjukkan bahwa kombinasi olah raga dan matahari dapat meningkatkan kewaspadaan, daya fokus, dan energi. Sebaiknya Anda tidak membawa telepon seluler agar dapat berpikir tanpa diganggu apa pun.

Lakukan headstand. Para yogi bersumpah bahwa headstand merangsang munculnya ide akibat meningkatnya aliran darah ke otak. Gagasan juga bisa muncul saat headstand karena Anda melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda. Cukup harfiah.

Pikirkan suatu masalah, lalu tidur. Kadang, solusi bisa hadir melalui mimpi. Misalnya yang terjadi ketika ahli kimia Jerman, Friedrich Kekule terlelap setelah tidak berhasil menemukan struktur molekul benzena. Dalam tidurnya, Kekule memimpikan seekor ular yang melingkar dengan ekor di mulutnya. Saat terbangun, Kekule menyadari bahwa struktur benzena adalah cincin tertutup.

Beri sentuhan. Sebagian besar orang mengaku bahwa sentuhan dapat membantu mereka berpikir. Anda dapat mempraktikkannya dengan bermain dengan anak, atau memanjakan diri di panti pijat atau salon. Sentuhan mengurangi stres dan dapat memperlancar pikiran.

Gunakan angkutan umum. Ide bisa muncul ketika Anda memandang ke luar jendela bus kota atau kereta. Pemandangan yang berubah, kecepatan konstan, perasaan bahwa Anda bergerak maju, dan pengasingan sementara dari dunia luar dapat membantu otak Anda kembali bekerja.

Mandi. Ide-ide besar bisa muncul ketika Anda mandi cukup lama.

Bicara dengan orang lain. Beberapa orang menemukan gagasan saat bercakap-cakap dengan orang lain. Dengan mengobrol, Anda dapat menelaah dan menata pola pikir Anda.

-Angga Rajasa-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s